Semua yang perlu kamu ketahui tentang brosur : Tips pendek untuk meningkatkan bisnis

Free Close-up Photo of Red Brochure Stock Photo

 

Brosur adalah dokumen kertas informatif untuk periklanan, yang dapat dilipat menjadi templat, pamflet, atau selebaran. Brosur juga dokumen promosi, terutama digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk, atau layanan dan menginformasikan calon pelanggan atau anggota masyarakat tentang manfaatnya. Mereka biasanya didistribusikan di dalam surat kabar, dibagikan secara pribadi, atau ditempatkan di rak brosur di lokasi dengan lalu lintas tinggi.

Brosur tersedia dalam beberapa bentuk dan ukuran dan bentuknya bisa bervariasi, mulai dari satu halaman yang dilipat menjadi beberapa bagian seperti brosur lipat dua atau tiga, hingga buklet multi-halaman yang lebih umum dijilid. Dapat menggunakan gambar dan teks dalam brosur, artinya brosur tersebut harus memiliki tata letak dan elemen visual yang profesional agar menarik perhatian orang yang akan menjadi potential customers. 

 

Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri, mengapa memilih menggunakan brosur dibandingkan metode lain? Faktanya brosur adalah salah satu bentuk pemasaran terbaik yang dapat dengan mudah memberikan hasil cepat dengan meningkatkan pengaruh bisnis Anda dan tingkat konversi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menggunakan brosur!

 

  • Mudah dimengerti oleh pembaca karena menggunakan bahasa yang jernih untuk menciptakan kesadaran tentang sesuatu
  • Dibandingkan dengan beriklan di TV atau di surat kabar, brosur tampaknya lebih hemat biaya.
  • Kebanyakan brosur yang dirancang dengan baik membutuhkan sedikit waktu untuk menarik perhatian calon klien.
  • Bisa mencetak brosur sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik menggunakan mesin offset atau digital offset disesuaikan untuk kuantitas kecil atau besar, sehingga kamu bisa meminimalisir pengeluaran biaya.
  • Penyampaian informasi ringkas mereka menyajikan kesempatan untuk menyoroti detail paling penting tanpa membuat calon customers merasa bingung

 

Jenis-Jenis Brosur
Brosur sendiri terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan kriteria masing-masing. Dimulai dengan berbagai variasi bahan, template, dan juga warna. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kertas Art Paper
    Kertas AP (Art Paper) biasanya mempunyai tekstur yang licin dan mengkilap, sehingga menimbulkan kesan elegan dan matang. Sering direkomendasikan untuk brosur kantoran yang sering diletakkan di meja front office seperti Bank, sampul dan dalaman majalah full color, kalender dan poster biasanya banyak menggunakan jenis kertas ini. Gramasi kertas berjenis Art paper umumnya berkisar 100gr, 120gr, dan 150gr untuk pembuatan brosur.

  • Kertas HVS
    Tekstur kertas HVS memiliki serat dan sedikit kasar. Kertas HVS tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan jika diletakkan di bawah sinar matahari dan memiliki daya serap yang tinggi. Pilihan kertas yang paling ekonimis untuk dicetak banyak. Selain berwarna putih, jenis kertas ini juga ada yang berwarna warni, gramasi kertas HVS umumnya berkisar 60gr, 70gr, 80gr, hingga 100gr. Mengapa dikatakan bisa digunakan untuk brosur karena kertas HVS memiliki beberapa ukuran serta ketebalan yang ideal untuk brosur, contohnya : 

 

  • Ukuran A4, yang bisa dilipat menjadi 1 bagian (2 halaman), 2 bagian (4 halaman), 3 bagian (6 halaman), bahkan bisa dibuat hanya 1 bagian dengan ukuran sepertiga dari ukuran asal.

    Ukuran A5, yang bisa dilipat menjadi 1 bagian (2 halaman) dan 2 bagian (4 halaman).

    Ukuran A3, ukuran yang jarang dipakai untuk disebarkan karena ukurannya yang besar dan lebih sering digunakan sebagai poster. Biasanya hanya dicetak 1 sisi karena sisi belakang digunakan untuk menempel pada dinding. 

 

Untuk template brosur biasanya bisa didiskusikan antara customer dan juga designer hingga sesuai dengan keinginan customer. Mulai dari template bertemakan olahraga, lingkungan, perusahaan, kecantikan, ataupun bisnis yang lain nya. 

 

Kolaborasi yang baik antara desainer, printer dan juga customers sangatlah penting. Bicaralah dengan tempat percetakan sebelum memulai dan beritahu mereka tentang audiens, tujuan, sasaran, dan potensi konten brosur yang kamu butuhkan dengan sangat jelas. Designer dan percetakan yang berpengalaman akan dapat memandu kamu mendapatkan kertas bagus yang akan memberikan tampilan dan nuansa yang kamu butuhkan.

 

Sebelum membuat brosur pastikan kamu mengumpulkan banyak ide dan contoh, tujuannya adalah untuk menciptakan tampilan yang menarik, dirancang dengan baik, dan informatif. Melakukan Brainstorming untuk proyek yang kamu jalankan juga sangat penting, begitu dengan Mind Mapping yang lebih baik untuk menyajikan pemikiran kamu tentang proyek semacam ini. Kamu harus menggunakannya untuk membuat kerangka, yang akan membantu kamu memutuskan bagaimana brosur akan terlihat, apa yang harus disertakan, dan bagaimana mengaturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×