Keunggulan dan Manfaatnya : Kenapa Penting Memiliki Kartu Nama di Era Saat ini!

blue text on white paper

 

Tahukah kamu bahwa 27 juta business card atau biasa kita sebut kartu name dicetak setiap hari? Meskipun berada di era digital, business card tetap menjadi alat yang terpercaya bagi orang-orang untuk memperkenalkan diri dan karya mereka dan yang paling penting, untuk dikenang.

Business card sangat efektif karena berfungsi sebagai cara bagi penerimanya untuk melakukan sedikit percakapan dengannya. Ini seperti kenang-kenangan yang tidak hanya mencakup konten tetapi juga konteksnya latar belakang, bahasa tubuh, dan tentu saja, gagasan tentang bisnis tersebut. Potongan kertas kecil ini memiliki tempat yang unik dan penting dalam dunia profesional!

 

Business card pertama digunakan oleh bangsawan-bangsawan di Tiongkok abad ke-15. Karena kebingungan mengenai asal usul kartu nama, dan kurangnya bukti, para sejarawan tidak dapat melacak penemu asli business card. Meskipun penemu business card mungkin selamanya tidak diketahui, Johannes Gutenberg, dan penemuan mesin cetaknya, mungkin dianggap sebagai penyebab munculnya business card. Popularitas business card, atau yang dikenal dengan “kartu dagang” pada saat itu, disebabkan oleh perubahan teknologi dan penggunaan baru. Dengan semakin banyaknya mesin cetak, pembuatan kartu dagang menjadi lebih mudah dan murah, sehingga memicu peningkatan popularitas.

 

Meskipun kita biasa menggunakan istilah kartu nama atau business card, potongan kertas ini memiliki banyak kegunaan dan nama lain yang berbeda. Selama bertahun-tahun, kamu mungkin pernah mendengar orang menyebut business card dalam beberapa cara, termasuk kartu nama, kartu presentasi, kartu kunjungan, kartu nama pintar, kartu nama virtual, dan kartu nama digital. Namun, karena kartu nama berasal dari abad ke-15, kartu nama memiliki sejarah panjang dengan beberapa nama yang agak unik. 

 

Faktanya, 72% orang menilai suatu perusahaan atau seseorang berdasarkan business card, sebagian karena orang berharap banyak waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk membuat business card. Namun ada juga rasa aman yang ditawarkan business card, dikarenakan menyimpan informasi kontak langsung orang-orang, yang membuat penerimanya merasa mendapatkan layanan eksklusif dan menarik. Sekarang kami akan mengungkapkan penting nya business card dan terus memainkan peran penting. 

 

Personal Information
Saat kamu bertukar kartu, kamu tidak hanya berbagi informasi kontak, namun juga membuat koneksi pribadi. Ini adalah pengingat fisik dari pertemuan tersebut, membuatnya lebih berkesan. Networking yang menampilkan informasi kontak pribadi dan detail penting tentang kualifikasi diri sendiri, seperti jabatan dan industri tempat kamu bekerja. 

 

Meningkatkan Profesionalisme
Tentu saja, halaman “Hubungi Kami” di situs web dapat menampilkan informasi yang sama, namun biasanya memiliki format yang lebih steril dan tidak memiliki keintiman yang sama. Itu tidak membuat orang tersebut merasa istimewa atau diperhatikan. Memang kita berada di era digital, namun bukan berarti internet selalu bisa diakses.

 

Membagikan kartu nama menunjukkan bahwa kamu serius dengan pekerjaan yang kamu punya. Itu tanda profesionalisme dan persiapan. Ini menunjukkan bahwa kamu telah meluangkan waktu untuk menciptakan representasi fisik merek kamu.

 

Menghadirkan Sentuhan Personal
Business card yang kita  punya sering kali merupakan kesan pertama seseorang terhadap kita dan bisnis yang kita punya. Kartu yang dirancang dengan baik dapat meninggalkan kesan positif yang bertahan lama. Ini menyampaikan perhatian kita terhadap detail dan komitmen kita terhadap apa yang kita lakukan. First impression  itu adalah kesan yang bertahan lama dan kita ingin kesan itu menjadi kesan yang membuat mereka ingin mengingat kita dan memberi tahu orang lain tentang kita.


Oleh karena itu, penting untuk mendesain business card kita dengan tepat. Menjadi se kreatif mungkin dalam membuat design business card. Namun perlu diingat bahwa tidak berlebihan dalam mendesign nya, ini mungkin berakhir dengan hasil nol atau buruk. Kita dapat meminta tanggapan jujur ​​dari teman dan anggota keluarga.

 

Menonjolkan Identitas Bisnis
Business card adalah perpanjangan dari merek kita. Ini kesempatan untuk menampilkan logo, skema warna, dan desain yang menonjolkan diri kita, sehingga memperkuat identitas merek kita. Ini seperti papan reklame mini untuk bisnis.

 

Versatility
Business card dapat digunakan dalam berbagai situasi. Baik di acara bisnis formal atau pertemuan kebetulan di kedai kopi, menyiapkan kartu nama berarti kita selalu siap untuk berjejaring dan terhubung. Ini membuat business card menjadi sangat serba guna. Berbagai situasi, dan hampir semua bisnis bisa mendapatkan sesuatu dari strategi business card. Kita juga mempunyai kebebasan untuk memasukkan semua informasi yang diinginkan pada setiap business card.

 

Recalling
Mengingat nama dan detail kontak seseorang dari pertukaran digital dapat menjadi suatu tantangan. Memiliki kartu fisik dengan catatan dapat membantu membangkitkan ingatan dan mempermudah tindak lanjut. Kita sebagai manusia sering mengingat sesuatu dengan lebih baik ketika kita memiliki alat bantu visual untuk membantu kita. 

 

Business card melakukan hal ini dengan sempurna, menghubungkan detail kontak kita dengan merek yang eye-catching dan juga unik, karena dengan begitu orang-orang dapat mengingat kepribadian dan bisnis kita dengan gampangnya. 

 

Kesimpulannya, business card lebih dari sekadar selembar kertas. Mereka adalah alat untuk menjalin hubungan, meninggalkan kesan abadi, dan memperkuat merek kita. Di dunia yang didominasi oleh teknologi, koneksi fisik ini tetap penting untuk membangun dan memelihara hubungan di dunia bisnis. Jadi, lain kali kamu berpikir untuk beralih ke bisnis digital saja, pertimbangkan kekuatan business card yang dirancang dengan baik di saku kamu, menunggu untuk membuat koneksi yang berarti

Yang terpenting, harganya sangat terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan kampanye pemasaran dan periklanan lainnya. Menurut pendapat kami, business card sangat berharga. Kamu akan kesulitan menemukan produk lain yang menawarkan banyak keuntungan dengan harga yang sama.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×