Jenis Sticker Yang Sesuai Kebutuhan Kamu. Jangan Sampai Salah Pilih!

Membuat custom sticker untuk keperluan usaha ataupun keperluan pribadi sudah menjadi hal yang biasa dijaman sekarang. Banyaknya jenis sticker kadang membuat kita menjadi bingung, kadang salah memilih jenis yang cocok dengan kebutuhan kita. 

Untuk menghindari memilih jenis sticker yang salah, kamu harus berkenalan dengan jenis-jenis sticker yang ada dong! Bahan dan mesin yang sangat bervariasi, jenis laminating yang disediakan menentukan harga yang akan kamu bayar. 

Jenis -Jenis sticker di industri digital & printing : 

  • VINYL 

Sticker yang bernamakan vinyl ini terbuat dari bahan yang terbuat dari plyvinyl chloride (PVC). Memiliki sifat yang elastis serta tahan lama dan tekstur yang lentur dan fleksibel, bahkan bisa dibilang memiliki daya tahan yang baik untuk cuaca ekstrim di luar ruangan. Sticker vinyl termasuk ke dalam kalangan sticker yang paling gampang kamu temui dimana-mana karena harga yang masih terjangkau murah, material yang awet untuk penggunaan jangka panjang serta tahan air membuat sticker berbahan vinyl populer dikalangan masyarakat umumnya.

Biasanya dengan ketebalan sekitar 80 hingga 100 mic, membuat sticker ini kuat, tak mudah robek dan juga water-proof, ditambah dengan penampilannya yang tidak terlihat murahan membuat sticker bernamakan vinyl ini bertambah special. 

  • CHROMO
    Sticker yang biasa di panggil chromo atau kromo ini terbuat dari kertas HVS/woodfree dengan speksifikasi gramasi (satuan gram per meter persegi kertas) dan ketebalan (micron) tertentu yang diproses pada satu sisi dengan aplikasi atau penambahan kaolin (clay) untuk menutupi pori-pori kertas dasar yang kasar sehingga menghasilkan kepadatan kertas yang tinggi dengan permukaan halus dan rata. Penampilan yang semakin rata, halus, dan mengkilau membuat chromo mendapat sebutan MIRROR COAT/MIRROR COTE juga.

    Bahannya yang cocok untuk label kemasan makanan kering dan juga digunakan untuk keperluan indoor. Chromo juga dapat dicetak dengan design tanpa batasan warna, harga nya juga yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan vinyl membuat chromo punya daya tarik lebih di mata masyarakat. 
  • HVS
    Sticker HVS singkatan dari Hout Virj Schrijfpapier artinya kertas tulis bebas serat kayu. Seperti namanya sticker ini terbuat dari kertas HVS yang kemudian dilapisi dengan bahan adhesif di bagian belakang, tujuannya agar stiker tersebut dapat direkatkan sehingga tidak mudah lepas. Untuk daya tahannya sendiri masih kurang baik karena mudah terkelupas, sangat di sarankan ketika membuat stiker HVS lebih awet dapat digunakan metode laminasi, yakni memberikan lapisan plastik pada permukaan stiker hvs yang di cetak.

Sticker berbahan HVS ini relatif sangat murah dan terdapat 2 pilihan ukuran untuk kertasnya sendiri yaitu A4 217 x 299 cm, Ukuran A3+ 42.5 mm x 48.5 mm dan ukuran plano. Pembuatan sticker HVS tidak memakan waktu yang lama, biasanya dibuat menggunakan mesin printer inkjet. 

Setelah mengetahui jenis-jenis sticker diatas kira-kira mana yang kamu butuhin, guys? Yang sudah pernah custom sticker jenis sticker apa yang jadi favorit kalian? Di era sekarang membuat custom sticker bisa dibilang sangat lah penting untuk dunia perwirausahaan dan juga korporat, salah satu benefit nya yang paling terlihat adalah organic promoting. Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait dengan jenis-jenis sticker yang perlu kamu ketahui sebelum membuat custom sticker! 

Hubungi Whatsapp EXILO segera dan dapatkan penawaran harga dan benefit lain yang menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di EXILO kapan aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×