Difference between RGB and CMYK

Secara umum kita mengetahui bahwa ada tiga warna primer yaitu merah, kuning dan biru. Ketika kita masuk  ke dalam dunia design grafis & printing ada yang sering disebut-sebut dengan istilah RGB & CMYK, digunakan oleh para designer untuk menentukan warna apa saja yang sesuai pada barang-barang tertentu. 

Disini kita akan membahas pengertian dari RGB dan CMYK, perbedaan, serta kegunaannya masing-masing yang penting untuk kamu ketahui! Karena sangat penting untuk mengetahui tentang RGB & CMYK itu sendiri ketika kamu membuat sesuatu yang melibatkan design dan printing. 

  • RGB color model
    RBG yang kepanjangannya adalah Red-Green-Blue. Palet warna ini sering digunakan untuk beberapa device, termasuk input device seperti scanner maupun output device seperti monitor. RGB merupakan warna jenis additive colours yaitu percampuran tiga warna primer akan menghasilkan warna putih dan pencampuran dua warna primer akan menghasilkan warna sekunder, jika warna-warna tersebut dikombinasikan, maka akan tercipta warna baru seperti kuning, cyan, magenta, sampai warna putih.

RGB sendiri menjadi standar dalam sebuah materi digital. Biasanya digunakan pada background, font website, CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor, konten video/foto di sosial media, iklan digital.

Warna additive seperti RGB didasarkan pada cara kerja penglihatan manusia, dimana dalam mata memiliki tiga jenis sel kerucut fotoreseptor: gelombang cahaya merah, hijau dan biru. Untuk kemudian otak mengambil cahaya dari ketiga reseptor tersebut dan menerjemahkan menjadi jutaan warna yang kita lihat. 

RGB pertama kali digunakan pada tahun 1861 oleh James Clerk Maxwell, seorang ahli fisikan matematik, ketika James  mencoba membuat foto berwarna. Dia mengambil subjek dari tiga foto yang sama dengan menggunakan filter merah, hijau dan biru dan kemudian cahaya putih terlihat melalui ketiga fotonya yang memproyeksikan gambar berwarna.

  • CMYK color model
    CMYK dengan kepanjangan Cyan-Magenta-Yellow-Key(Black), bisa juga dipanggil dengan warna proses atau empat warna. CMYK juga termasuk ke dalam golongan subtractive colours dimana mengurangi cahaya dari permukaan aslinya, maka disebut dengan istilah subtractive. Mengkombinasikan warna cyan, magenta, dan yellow dapat menciptakan warna hitam, tetapi warna hitam yang dihasilkan tidak berwarna hitam pekat. Bahkan mereka lebih fleksibel karena ketika warna hitam (Key) ditambahkan ke dalam campuran, ribuan warna lain tercipta.

    CMYK biasanya diproduksi dengan teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Penggunaan CMYK idealnya untuk desain yang harus dicetak, seperti iklan pada media cetak, poster, majalah, brosur, spanduk, desain kaos.

    CMYK pertama kali digunakan dalam pencetakan komersial yang dibuat pada tahun 1906 oleh Eagle Printing Ink Company, meskipun tidak menjadi standar untuk pencetakan 4 warna hingga pertengahan 1950-an. 

Memahami perbedaan mendasar antara mode warna CMYK dan RGB membuat pekerjaan designer grafis lebih efisien dan membantu mencegah kesalahan pada produk hasil akhir, baik itu berupa cetak maupun digital. Walaupun RGB dan CMYK sama-sama warna, akan tetapi mereka berdua memiliki perbedaan dan kegunaan masing-masing.

Terkadang segalanya menjadi sedikit lebih rumit ketika printer secara otomatis mengonversi file digital RGB ke CMYK sebelum dicetak, tetapi konversi otomatis ini dapat membuat warna yang tampak jauh lebih redup daripada warna yang dilihat di layar. Permasalahan terbesar yang ditemui sebagai designer grafis adalah saat mengonversi gambar RGB ke CMYK, seringkali ditemukan bahwa warna tidak direproduksi secara akurat. Untuk mencegah perbedaan drastis saat dicetak, pastikan mode warna pada file diubah ke mode CMYK. Meskipun beberapa warna masih belum 100% sesuai antara tampilan layar dan saat dicetak, setidaknya mendekati.

Hubungi Whatsapp EXILO segera dan dapatkan penawaran harga dan benefit lain yang menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di EXILO kapan aja! Quality yang bagus dengan harganya yang terjangkau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×